Orang – orang Yang Di Cintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala

Amal perbuatan yang menunjukkan ketaqwaan kita pada Allah Subhanahu wa Ta’ala mampu mengundang cinta kasih-Nya. Lalu bagaimana cara kita mengundang-NYA?love

Allah mencintai semua hamba-Nya sebagai bentuk keniscayaan. Sebagai hamba-Nya sudah sewajarnya jika kita menebarkan cinta dan kebaikan kepada sesama makhluk-Nya. Islam diciptakan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala sebagai agama perdamaian yang membawa kemaslahatan bagi seluruh alam semesta.

“ Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka , mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang – orang yang bertawakkal.” (QS Ali Imran : 159).

Namun untuk mendapatkan cinta Allah Subhanahu wa Ta’ala, kita harus mengundang-Nya. Hanya orang – orang pilihan yang mampu menggapai cinta-Nya. Orang – orang pilihan ini adalah hamba yang taat dan patuh kepada semua ajaran-Nya. Menjauhi segala larangan-Nya. Tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan kesempatan yang sama kepada semua makhluq-Nya. Untuk mengundang-Nya, kita lakukan dengan amal perbuatan yang menunjukkan bukti ketaqwaan kita kepada-Nya. Berdasarkan al-Qur’an dan hadist, mengundang cinta kasih Allah dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain :

1. Bersungguh – sungguh ketika melakukan amal perbuatan baik,

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “ Allah sangat mencintai jika seseorang melakukan pekerjaan secara optimal dan sungguh – sungguh atau itqan. (HR Baihaqiyan).

2. Orang yang selalu berusaha berinfaq dan kondisi, mampu menahan emosi amarah dan member maaf kepada yang salah dalam urusan pribadi.

Sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imran , “ yaitu orang – orang yang menafkahkan hartanya baik diwaktu lapang maupun sempit dan orang – orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang – orang yang berbuat kebajikan.” (QS Ali Imran : 134).

3. Orang yang kaya, namun yang kekayaannya tidak Nampak pada penampilannya, akan tetapi pada kedermawanannya terhadap sesama yang membutuhkan. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasalam bersabda, ”sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertaqwa, yang kaya lagi menyembunyikan(symbol – symbol kekayaannya)”. (HR Muslim).

4. Orang yang selalu bekerjasama dalam kegiatan – kegiatannya (termasuk kegiatan ekonomi) dan selalu berlaku jujur, tidak berkhianat.

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “ sesungguhnya Allah SWT berfirman, Aku adalah pihak ketiga dari dua orang yang berkongsi (berserikat) selama salah satunya tidak berkhianat kepada yang lainnya. Jika terjadi pengkhianatan, maka Aku akan keluar dari mereka”.

(HR Abu Dawud).

sesungguhnya Allah menyukai orang – orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan – akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”.

(QS Ash Shaff : 4).

5. Orang yang selalu berusaha untuk tidak mempersulit urusan orang lain atau ketika berurusan dengan orang lain.

Memudahkan orang lain, berarti membuka kelapangan bagi diri sendiri. Dengan memudahkan segala urusannya, baik di dunia maupun akhirat kelak. Urusan ini tidak hanya terbatas pada hutang piutang, namun juga urusan – urusan muamalah yang lain. Apalagi jika urusan ini terkait dengan saudara seiman. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “Allah sangat mencintai orang yang mudah ketika menjual, mudah ketika membeli, mudah ketika membayar hutang. Dan mudah ketika mengambil haknya.” (HR Tirmidzi). Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “ menunda – nunda (dalam) membayar hutang orang yang mampu adalah suatu kedzaliman, yang boleh dikenakan sanksi.” (HR Ibnu Majah).

Allah juga menegaskan hal ini dalam al – Quran ,

Dan jika (orang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua hutang) itu, lebih baik bagimu jika kamu mengetahui “.

(QS Al Baqarah : 280).

Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasalam bersabda , “Barang siapa yang memudahkan urusan orang yang mengalami kesulitan, maka Allah akan memudahkan urusannya di dunia dan di akhirat. Allah akan menolong hamba-Nya selama hamba tersebut mau menolong sesama saudaranya”.

(HR Ibnu Majah).

6. Orang yang selalu berusaha istiqomah dan terus – menerus dalam melakukan kebajikan. Rasulullah Salallahu ‘alaihi wasalam bersabda ,”Amal perbuatan yang paling dicintai Allah adalah amal yang terus – menerus dilakukan walaupun sedikit”. (HR Bukhari dan Muslim dari Aisyah).

Wallahu A’lam Bishowab.

Disadur dari majalah Muzakki No 15 Th 04

~ by alhumairoh on 11/09/2008.

3 Responses to “Orang – orang Yang Di Cintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala”

  1. ukhti, kalo bisa Subhanahu wa Ta’ala dan shallallahu ‘alaihi wa sallam-nya jangan kita singkat… Karena para ulama ahlus sunnnah salafiyyin menjelaskan bahwa yang suka menyingkat tulisan itu dengan sengaja, maka dirinya termasuk orang pelit.

    Semoga lain waktu ini menjadi masukan demi kebaikan tulisan anti. Wallahua’lam…

    Mas Didit,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  2. assalamu’alaykum….
    subhanallah….bagus banget postingannya. saya perlu belajar banyak nih dari sini. semoga berkenan membagi ilmunya…..

    “Bersungguh – sungguh ketika melakukan amal perbuatan baik”
    astagfirullah….saya kuliah tidak sungguh-sungguh,mbolosan thok. semoga tidak terjadi pada yang empunya blog ini.hehe…..
    piss.

    yup, saya sepakat apa yang disampaikan akhy didit. diedit lagi yah….

  3. akh didit : nggih.. sampun kulo edit. matur nuwun sanget, jazakallah khoiron katsiro.

    akh tejo : waalaikumsalam. jangan gitu ta.., jangan sering BOLOS akh, ga baik!! hehe..
    insyaallah saya dah tobat kok ! ;p

    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: