TeLur paLsu, WapadaLah WaspadaLah!!!!

SUBHANALLAH… kata itu yang pertama kali kuucapkan ketika berita mengenai telur palsu menyita perhatian hampir seluruh media. Otak manusia di ciptakan begitu sempurna dengan segala kelebihan dan kekurangannya, sehingga hal tersebut menjadikan manusia dapat mengatasi krisis yang menghambat kelangsungan hidup mereka. Ketika segala hal yang alami menjadi sangat langka dan mahal, kita mulai mencari bahan alternatif terbarukan (baca : buatan.red) yang diharapkan dapat meringankan beban karena tak jauh beda dengan aslinya dan –yang perlu dicatat- MURAH. ;)

miracle-12a1

Saat ini, banyak sekali produk tiruan yang beredar di pasaran. Tak hanya kebutuhan sandang, produk pangan juga sudah mulai ada tiruannya di pasaran, seperti telur palsu. Telur tiruan ini ternyata bermula dari China. Di negara seperti Korea, penduduknya mulai resah dengan kehadiran telur palsu yang pembuatannya menggunakan beberapa jenis bahan di antaranya sejenis bubuk dan tawas ini. Kenaikan harga pangan yang sangat tajam di China, memicu munculnya produk-produk pangan “asli tapi palsu” seperti halnya telur-telur buatan dengan bahan kimia ini.

Mau tau dari bahan – bahan apa saja telur palsu ini dibuat? Yang pertama adalah putih telur. Putih telur dibuat dengan campuran larutan air, agar-agar, bubuk yang tidak diketahui jenisnya, asam benzoid, bahan pengental dan bahkan tawas yang biasanya digunakan untuk industri – industri. Hasilnya? Anda akan memperoleh cairan bening yang kental dan sulit dibedakan dengan putih telur yang sebenarnya.

telur_palsu Sementara kuning telur, dibuat dengan mencampurkan bubuk berwarna kuning jeruk ke dalam air, lalu diaduk. Cairan dituangkan ke dalam cetakan plastik yang berbentuk bulat dan dicampur dengan air yang mengandung kalsium khlorida. Inilah yang akan membuat selaput tipis di luar kuning telur, akan mengikatnya dengan kuat.

Barulah putih telur dan kuning telur dibungkus ke dalam kulit telur yang dibuat dari kalsium karbonat, parafin dan sejenis cairan putih -yang tidak ketahui jenisnya-. Terakhir, didiamkan sampai kering. Telur ini juga bisa dijemur atau dikukus, Ternyata, mereka yang telah mencicipi telur ini sepakat bahwa rasanya sangat mirip dengan telur asli.

Yang lebih menggiurkan lagi, di tengah-tengah kondisi ekonomi yang sulit ini, harganya yang murah meriah. Bayangkan saja, lebih dari 2 butir telur harganya kurang dari sepersepuluh harga telur yang sebenarnya. Bahkan, di China pembuatan telur palsu ini juga ada kursus-nya, Kursus ini diiklankan secara online dan menunjukkan betapa ini bukan lagi hal baru atau yang “menggemparkan” di negara ini. Kursus ini dilakukan dari satu sampai dua hari dan biayanya berkisar dari 300 sampai 800 yuan (40-100 dolar AS). Sebuah pusat latihan bahkan mengajarkan teknik pembuatan telur buatan ini dengan memberikan cetakan gratis pada peserta kursus. Pusat latihan ini biasanya menjamin bahwa telur buatan mereka, akan sulit dibedakan dengan telur asli, baik bentuk maupun rasanya.  Tak hanya telur palsu, ternyata saat ini di China juga sudah ada teknologi untuk membuat “anggur buatan”, “daging ayam dan daging sapi buatan”, serta permen buatan. Di Indonesia, telur ini ternyata sudah beredar, Anda harus waspada, jika ada yang tiba-tiba menjual telur hanya seharga Rp.500 -sementara telur mentah saja di pasaran sudah sekitar RP.1000,-. Hm….

logo-telur-palsu

Meskipun rasa dan aromanya mirip sekali dengan yang asli, tapi jika Anda lebih jeli lagi, maka Anda akan merasa putih telurnya lebih keras. Apabila diamati, kuning telurnya tidak bulat tapi seperti cetakan dan sekilas mirip adonan kue, walaupun aromanya mirip telur. Dan yang perlu Anda perhatikan lagi, posisi kuning telur-telur palsu ini akan sama semuanya.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah jelas berfirman :

“ Hai manusia, telah dibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnya segala yang kamu seru selain Allah sekali – kali tidak dapat menciptakan seekor lalatpun, walaupun mereka bersatu menciptakannya. Dan jika lalat itu merampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali dari lalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yang disembah”. (QS Al-Hajj : 73)

Berbeda dengan telur asli yang sarat manfaat, telur palsu ini justru berdampak negatif bagi manusia. Mengingat bahwa bahan tambahan makanan, getah damar, kanji, pengeras, dan pigmen-pigmen lainnya merupakan bahan utama dalam membuat telur palsu ini, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk mengonsumsi telur ini. Selain tidak mengandung nutrisi apapun, kandungan dalam telur palsu ini, seperti tawas, jika dikonsumsi secara berlebihan akan merusak perut dan menyebabkan gejala-gejala kehilangan ingatan dan gangguan mental seperti dementia (penyakit mental yang dapat memengaruhi kemampuan berpikir, mengingat dan bertingkah laku).

Jadi, waspadalah Saudara-i ku yang ku cintai karena Allah! Yang perlu Anda ingat adalah dampaknya di kemudian hari. Meskipun harganya jauh lebih murah dengan rasa dan aroma yang sama, akan tapi mengingat bahan kimia yang dikandungnya, akan mengakibatkan efek samping yang berbahaya bagi Anda dan keluarga tercinta.

Sesempurna apapun ciptaan manusia, tetap tidak akan ada yang menandingi ciptaan Allah subhanahu Wa Ta’ala.

“Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali – kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang – ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?” (al mulk : 3).

ALLAHU AKBAR!

(dee- dari berbagai sumber)

~ by alhumairoh on 11/22/2008.

9 Responses to “TeLur paLsu, WapadaLah WaspadaLah!!!!”

  1. Kok bisa ada ya?
    Aneh-aneh aja orang yang berniat untuk menipu :(

    Mas Ghani,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  2. yaaah, jika tak ada sepeserpun uang ia pegang, jika ada anak dan istri di rumah yang kelaparan,dan fitrah iman manusia adalah naik turun, maka adakah hal yang tak bisa ia lakukan?
    semoga ALLAH senantiasa memberi nikmat isLam dan iman pada kita semua. amiiin..
    wallahu a’Lam bishowab

    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  3. aa….
    sampai telurpun ada yang palsu…
    *sedih

    Mbak Dalila,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  4. hhmm… makan daging aja dech :D

    Mas Yuda,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  5. klo aku (sok) mikir, koq rada aneh ya..
    apa biaya pembuatan telur palsu itu ga mahal?
    koq bisa2nya dijual murah ya..?
    yg pernah ku denger baca sih, katanya yg dijual di kereta, yg harganya murah tuh, emang telur asli. hanya saja telur gagal tetas.
    wallohu a’lam

    Mas Bayu,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  6. Assalamu’alaykum mbak, salam kenal. Terima kasih infonya mbak….tapi kok rasanya gambar yang paling atas itu gambar keajaiban tulisan Allah di cangkang telur ya….sempet buat bingung, kiraain itu juga telur buatan yang diukir tulisan Allah….bener tidak?

    Mas Setiawan,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  7. waalaikumsalam wa rahmah.
    salam kenal juga. iya, yang diatas emang keajaiban tulisan ALLAH, ttg asli atau palsuna, wallahua’lam.
    ttg murah atau mahalnya, wallahu a’lam juga, sy belum pernah beli neh. he.. ;)

    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  8. syukron ilmunya…

    http://salafiyunpad.wordpress.com

    Mas Amir,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  9. jazakallahu khair atas infonya…

    waiiyaki ahsanaL jaza’

    Mbak Ummu,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: