Alzheimer

Penyakit yang membuat gerimis hati siapapun yang baik dirinya maupun keluarga yang menderitanya. Penyakit pikun yang keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan parahnya sehingga pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri. Penyakit Alzheimer bukannya ‘kekanak-kanakan karena usia tua’ yang sekadar suatu proses penuaan. Sebaliknya, adalah sejenis masalah kesehatan yang amat menyiksa dan perlu diberikan perhatian. Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang sering menimpa orang – orang hebat dan terkenal, contohnya saja Enid Blyton, Charles Bronson, Wistin Churchill, dan Ronald Reagan.

alzheimers-disease

Alzheimer digolongkan ke dalam salah satu dari jenis nyanyuk (dementia) yang dicirikan dengan melemahnya percakapan, kewarasan, ingatan, pertimbangan, perubahan kepribadian dan tingkah laku yang tidak terkendali. Keadaan ini amat membebani bukan saja kepada pengidapnya, malah anggota keluarga yang menjaga. Penyakit Alzheimer yang menurunkan fungsi memori ini juga menjejaskan fungsi intelektual dan sosial penghidapnya.
Resiko untuk mengidap Alzheimer, penyakit yang sinonim dengan orang tua ini, meningkat seiring dengan pertambahan usia. “Bermula pada usia 65 tahun, seseorang mempunyai resiko lima persen mengidap penyakit ini dan resiko ini meningkat dua kali lipat setiap lima tahun,” kata Ahli Psikogeriatrik, Kantor Pengobatan Psikologi, Fakultas Pusat Pengobatan Universitas Malaya (PPUM), Dr. Esther Ebeenezer.
Menurut Esther, sekalipun penyakit ini dikaitkan dengan orang tua, namun sejarah membuktikan bahwa pesakit pertama yang dikenal pasti menghidap penyakit ini ialah wanita dalam usia awal 50-an.
TANDA-TANDA ALZHEIMER
Lupa meletakkan kunci mobil, mengambil baki uang, tidak tahu membeli barang ke kedai, lupa nomor telepon atau kardus obat yang biasa dimakan ialah di antara sebagian gejala ringan.
Apabila orang yang sakit lupa mencampurkan gula dalam minuman, garam dalam masakan atau cara-cara mengaduk air dikategorikan sebagai tingkat sederhana.

Apabila orang yang sakit sudah tidak mampu melakukan perkara asas seperti menguruskan diri sendiri, keliru dengan keadaan sekitar rumah, tidak mengenali rekan-rekan atau anggota keluarga terdekat, ia menandakan orang yang sakit berada di tingkat yang serius.
Orang yang terkena penyakit ini dapat menjadi agresif, cepat marah dan kehilangan minat untuk berinteraksi atau hobi yang pernah diminatinya. Diperkirakan bahwa pada sekitar 1950-an kira-kira 2,5 juta penduduk dunia mengidap penyakit ini. Pada tahun 2000, pengidap Alzheimer diperkirakan mencapai enam milyar orang.
Orang yang sakit yang berada di tahap sederhana dan parah akan menunjukkan tingkah laku yang aneh. Di antaranya, seperti menjerit, terpekik dan mengikut perawat ke mana saja walaupun ke WC.
Selain itu, orang yang sakit juga mendengar suara atau bisikan halus dan melihat bayangan menakutkan. Semua ini secara tidak langsung memberi tekanan mental kepada perawat sebab mereka terpaksa menjaga orang yang sakit ’36 jam’ sehari.
Orang yang sakit juga kadangkala akan berjalan ke sana sini tanpa sebab dan pola tidur mereka juga berubah. Orang yang sakit akan lebih banyak tidur pada waktu siang dan terbangun pada waktu malam.
Secara umum, orang sakit yang didiagnosis mengidap penyakit ini meninggal dunia akibat radang paru-paru atau pneumonia. Ini disebabkan, pada waktu itu orang yang sakit tidak dapat melakukan sembarang aktivitas lain.
Yang menyedihkan, adalah orang yang sakit itu sendiri tidak memahami apa yang terjadi pada diri mereka dan memerlukan bantuan orang lain. Berita buruknya penyakit Alzheimer ini, tidak dapat disembuhkan. Tetapi, gejalanya masih dapat dikendalikan dengan obat-obatan.
Obat-obatan yang diberi pada tingkat awal, dapat membantu ingatan penderita seperti kognitif, aktivitas harian dan tingkah laku.

Orang yang berisiko
• pengidap hipertensi yang mencapai usia 40 tahun ke atas
• Pengidap kencing manis
• Kurang berolahraga
• Tingkat kolesterol yang tinggi
• Faktor keturunan – mempunyai keluarga yang mengidap penyakit ini pada usia 50-an.

Tak pernah terbersit sedikitpun dalam pikiranku akan menemui penyakit ini dalam kisah hidupku, akan tetapi, ALLAH berkehendak lain..

Tante yang kusayangi, perempuan tersabar yang pernah kutemui dalam hidupku ternyata mengidap penyakit ini yang dampaknya adalah terkena hydrochephallus, cairan yang mengisi otak tulang belakang, dan akibatnya lagi, cairan tersebut menekan otak depan yang merangsang tingkat depresi, sehingga kondisinya selain sakit juga depresi yang berkelanjutan.

Depresi yang dideritanya ternyata juga akumulasi dari depresi-depresi sepanjang hidupnya.

Sahabat-sahabatku yang kucintai karena ALLAH.. tante saya adalah orang yang introvert, sangat penurut, dan enggan mengeluarkan uneg-unegnya. Bahkan untuk menangispun ia jarang. Setelah mengidap penyakit ini, kepribadiannya berbalik 180 derajat. Ia tak sanggup menahan sakit bahkan untuk tekanan selevel tensi darah, sakit akibat melepas plester pada kulitnya. Dua hari sudah terlewati dengan tanpa sesuap makanan dan setetes air masuk ke tubuhnya. Dan untuk itu perlu infus, apa yang terjadi jika diinfus sedangkan untuk menahan rasa sakit tekanan tensi darah saja ia tak kuat??

masyaALLAH… sungguh jika tidak demi kebaikannya, ingin ku bawa ia jauh-jauh dari keadaan ini….
Astaghfirullahal’adhim..

Ya ALLAH.. sembuhkanlah ia dengan kesembuhan yang tiada sakit sesudahnya..
Ringankanlah sakit pada tubuhnya yang telah renta ya Rabb..

Semoga ia bersabar dengan sakit yang dideritanya sehingga akan berguguranlah dosa-dosanya..
Berikanlah yang terbaik bagi hamba-MU, yaa Rahmaan…

~ by alhumairoh on 12/07/2008.

3 Responses to “Alzheimer”

  1. Semoga Allah ta’ala tak menyiakan tulisan yang menyiratkan sebuah kasih sayang seseorang terhadap “tante”nya ini…

    yakin-lah Dia akan memberikan yang terbaik bagi beliau..

    Mas Didit,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS) .

  2. mirip cerita Korea “A moment to remember” T_T

    Mas Wahyu,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

  3. Saya sdh skali stlh membaca sbh artikel. Dan lbh trpukulx lg stlh sy melihat ciri2 yg d alami bpk q, sm sprt yg tu2rkn d artikel tsb. Alzheimer. Ya… I2lah pxkt yg d alami bpk q.
    Bpkq adlh sorg yg dulux dingin trhdp keluarga. Tp sdkt dm sdkt, sftx bpk q brbh 360°. Skrg bpk q lbh sensitif. Prnh suatu kali bpk q sdh gk tau yg mn gelas n sndok. Bhkn skrg,.. Bpk udh gk tau or bedakn nama2 anakx; kdg k.mail d blg k.ibe.
    Setiap prtxaan yg udh d tx, pst akn bpk tx kmbl. Bhkn klo mau brwudhu aj udh gk trtib.

    masyaALLAH…
    ishbir ya akhi..
    semua yang terjadi sudah QadaruLLah ya akhi..
    salah satu yang Allah cobakan atau ujikan kepada manusia adalah musibah dan kewajiban kita adalah menerimanya dengan sabar. Allah berfirman: “Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa, kecuai dengan izin Allah. Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah, Niscaya Dia akan menunjuki hatinya Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (At-Taghabun/64: 11)

    “Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam Kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.” (QS. Al Hadid : 22)

    Ibnu Qudamah menyebutkan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abid Dunya bahwa Rasulullah saw bersabda,”…Maka barangsiapa yang bersabar terhadap musibah sehingga dia menghadapinya dengan sikap yang baik (maka) Allah tuliskan baginya tiga ratus derajat. Antara satu derajat dengan derajat yang lainnya adalah seperti jarak antara langit dan bumi..” (Mukhtashar Minhajil Qoshidin hal 257)

    sebaiknya sikap antum saat ini adalah ridho dengan segala ketentuan dan ketetapan Allah subhanahu wata’ala terhadap antum, serta meyakini bahwa musibah itu adalah yang terbaik yang Allah berikan kepada antum dan bukti bertambahnya kecintaan Allah kepada antum. Dengan ridho maka ketenangan akan ada didalam diri antum karena semua yang dimiliki seseorang adalah berasal dari-Nya dan akan kembali kepada-Nya.

    Diantara doa yang diajarkan Rasulullah saw dalam hal ini adalah “Wahai Allah aku meminta kepada-Mu (sifat) ridho setelah adanya ketetapan (dari-Mu).” (HR. Ahmad dan an Nasa’i)

    Wallahu A’lam bishowab.

    Mas Musda,
    Pesan cream wajah herbal sekarang,
    Hub. Ibu Diana
    T’SEL: 0812-1646-239 (SMS/TELP)
    XL: 0878-553-555-10 (WHATS APP/SMS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: